RAPAT KERJA ASPROPENDO 2017 DI FE UNY

Lebih dari 60 perwakilan perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO) melakukan Rapat Kerja Nasional di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Senin (27/11) lalu. Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono yang juga menjabat Ketua ASPROPENDO pada periode ini memimpin jalannya rapat serta didampingi Dewan Pakar ASPROPENDO Prof. Dr. Ady Soejoto. Beberapa program kerja dan rencana kegiatan setahun kedepan menjadi topik pembahasan. Para peserta dibagi ke dalam tiga kelompok sidang.

Dalam sambutannya, Sugiharsono menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapi profesi pendidik ekonomi di Indonesia.”Terutama terkait dengan masa depan alumni. Kebutuhan guru di masa akan datang di hampir semua mata pelajaran semakin sedikit. Oleh karena itu, para mahasiswa harus dibekali ilmu kewirausahaan,” terangnya.

“Selain itu, Kemendikbud juga mengarahkan untuk banyak membentuk sekolah vokasi. Nantinya, guru mungkin bisa diambil langsung dari sekolah vokasi. Sedangkan jurusan yang kependidikan bisa menyusul melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG),” imbuh Sugiharsono.

Ady Soejoto menambahkan, kurikulum pendidikan ekonomi harus disesuaikan supaya bisa memberikan keterampilan yang diperlukan bagi lulusan. “Perlu disusun mata kuliah core S1 Pendidikan Ekonomi yang sama antar perguruan tinggi,” tukas guru besar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini.

Para peserta juga membahas persiapan seminar internasional dan nasional tahun depan, penulisan bahan ajar, serta publikasi jurnal pendidikan. (fadhli)