Rangkul BMT Beringharjo, Islamic Mini Bank FE UNY Tingkatkan Kompetensi Pengurus

Perkembangan Laboratorium Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta mulai menunjukkan eksistensinya dalam mengelola dana anggotanya. Koperasi Syariah yang dikenal sebagai Islamic Mini Bank (IMB) dan diresmikan oleh (alm) Prof. Moerdianto, M.Pd (Wakil Dekan I) pada tanggal 19 Februari 2014 ini mulai menunjukkan peningkatan, mulai dari peningkatan jumlah nasabah (anggota), peningkatan jumlah asset, dan pembiayaan, serta yang tak kalah pentingnya kompetensi pengurus (pegawai). Pada kepengurusan IMB periode II kali ini manager HRD IMB 2015 Maizura Azizah Sekar Ayuningrum mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi pengurus bekerjasama dengan BMT Beringharjo dengan tema “A Training for Future Islamic Finance Practitioner”. Pelatihan ini bertempat di Wisma Wijaya 2 Kaliurang, Jumat-Minggu (27-29 November 2015) lalu.

Seluruh pemateri merupakan petinggi dan memiliki posisi penting di BMT Beringharjo. Pemateri terdiri dari Ahmad Sadjid Laeli, S.Si (Operational & Accounting Manager) membahas konsep Koperasi Syariah dan Sistem Operasional Manajemen; Fajar Agus Susanto, SE., Akt (Accounting Manager) materi Manajemen Dana, Kesehatan dan Likuiditas; Rohadi Komarudin S., S.Pt (Manajer Cabang) membahas Pengembangan Produk dan Akad; Tunggal Wijaya, S.Kom (Manager Pembiayaan) materi Pemasaran, Funding dan Lending; Zaenab Al Boneh, SE., MM (Senior Account Officer) membahas Prosedur Operasional Harian dan Excellent Service Teller and CS; serta pemateri untuk menunjang Public Speaking pegawai oleh Agung Widodo, S.Kom., M.Ch., C.Ht (Trainer Forum Kader Pengembangan Moral dan Etika Pemuda Indonesia).

“Pelatihan ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pengawai yang telah bekerja keras dalam mengelola IMB dengan berbagai kesibukan kuliah dan organisasinya. Harapannya IMB ke depan dapat sukses menjalankan visi misi IMB sebagai Lembaga Edukasi Keuangan Berbasis Syariah di Fakultas Ekonomi UNY,” demikian yang disampaikan Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Akt pembina IMB sekaligus Kepala Laboratorium Perbankan Syariah FE UNY.

Begitu banyak kendala dalam mengoperasikan IMB di usianya yang hampir mencapai dua tahun. Mulai dari pengurusan legalitas, Standar Operasional Manajemen (SOM), manajemen likuiditas, kesehatan keuangan, dan pelayanan prima dalam prosedur operasional harian. “Terima kasih kami ucapkan kepada jajaran Dekanat Fakultas Ekonomi UNY yang telah memberikan fasilitas kepada IMB untuk dapat beroperasi sampai saat ini. Terima kasih kepada pemateri dari BMT Beringharjo atas Ilmunya semoga bermanfaat dan menjadi amal jariah. Terimakasih kepada pembina IMB Ibu Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Akt yang dengan sabar membimbing kami bersama-sama memperjuangkan IMB hingga saat ini. Serta seluruh manager IMB dan staff IMB 2015 yang selalu semangat dalam memperjuangkan berjayanya ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi UNY. Islamic Mini Bank BRIGHT with Sharia,demikian kata penutup dari Dibyo Waskito Guntoro (Direktur IMB 2015). (dby)