PRIHATIN DENGAN MASALAH BAU SEPATU, MAHASISWA UNY CIPTAKAN  BONEKA PENGHILANG BAU SEPATU

Bau kaki seringkali dialami oleh beberapa orang. Mulai dari kalangan anak-anak yang aktif melakukan kegiatan dan bermain, hingga remaja bahkan orang dewasa yang mengalami bau pada sepatu mereka. Hal ini dipicu oleh berbagai alasan di antaranya adalah cara perawatan yang dilakukannya selama ini, udara lembab yang dibiarkan begitu saja, penjemuran sepatu akibat hujan serta faktor-faktor lain yang menyebabkan timbul bau pada sepatu. Berangkat dari permasalahan ini, mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY terdiri dari Yania Ifaty Taukhida (D3 Pemasaran), Delia Ratnawati (D3 Pemasaran), Sidiq Tri Sariyanto (D3 Pemasaran), Diana Rossa Prodi (D3 Pemasaran), dan Anindya Yuli Astuti Nazria (Prodi Pendidikan Ekonomi) berinisiatif membuat produk kreatif berbentuk boneka sebagai penghilang bau sepatu.

Produk ini diberi nama BONSOPI (Boneka Soda Kopi), merupakan boneka rajut yang berbahan dasar soda dan kopi. Soda dan kopi ini berguna untuk menyerap bau tidak sedap dari sepatu sedangkan kopi dapat memberikan keharuman dan bau kopi yang segar bagi sepatu. Sedangkan bahan nilon dipilih sebagai tampilan luar BONSOPI dikarenakan benang nilon yang dirajut memiliki pori-pori yang relatif besar sehingga bau kopi yang ada di dalamnya dapat tercium dan berfungsi sebagaimana mestinya. Bau kopi yang ditimbulkan dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Selain itu, bahan rajut relatif kuat dan tahan lama, memiliki motif unik dan lucu, serta lebih variatif dan dapat dibentuk sesuai dengan permintaan konsumen.

Selain diformulasikan sebagai boneka penghilang bau pada sepatu, boneka dengan model yang unik ini dapat digunakan pula sebagai alternatif untuk pemberian hadiah maupun cinderamata. Dengan demikian, akan membuka peluang usaha tersendiri bagi mahasiswa dan dapat menciptakan nilai guna yang lebih pada sepatu. Boneka ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp.15.000-, per biji sehingga sangat cocok untuk semua kalangan, baik masyarakat umum maupun mahasiswa. (anin/fadhli)