Prestasi Alumni FE UNY di SEA GAMES 2017

SEA GAMES 2017 baru saja usai 30 Agustus 2017 lalu di Kuala Lumpur. Indonesia harus puas berada di peringkat kelima dengan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Dari 857 orang kontingen Indonesia, terdapat beberapa mahasiswa UNY yang berpartisipasi. Banyak orang yang berpikir hanya mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang menjadi anggota kontingen tersebut. Sedikit yang menyadari, sebenarnya terselip satu lulusan Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang menjadi anggota tim renang indah Indonesia. Adalah Pratiwi Adhiati Kusumawardhani, gadis kelahiran Sleman yang lulus dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) UNY November 2016 lalu dan turut menjadi perenang indah yang pada nomor Team Free Routine meraih medali perunggu.

Indonesia harus puas berada di posisi ketiga setelah juri memberikan nilai 71,4667. Sedangkan Singapura (75,1333) berhak mendapatkan medali emas setelah mengungguli Malaysia (73,0667) di posisi kedua. Meskipun hal ini di bawah target emas yang dicanangkan, prestasi ini tetap disyukuri segenap tim yang melengkapi dua perunggu lainnya pada nomor tunggal dan duet.

Gadis yang akrab disapa Tiwi ini juga turut menjadi kontingen pada dua gelaran SEA GAMES sebelumnya (2015 dan 2013). Selain itu, didampingi pelatih Anna Nasekina yang kini melatih tim nasional, Tiwi meraih emas bersama Tim Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di PON Jawa Barat 2016 lalu. Tak hanya itu. Pada 2014, Tiwi juga meraih perunggu di 2ndSouth East Asia Swimming Championships di Singapura lampau.

UNY memang memfasilitasi mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang non akademik untuk tetap mengembangkan keterampilannya tanpa menghalangi kesempatan mendapatkan perguruan tinggi. “FE UNY terbukti mampu melahirkan mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga, seperti Karate, Renang Indah, atau bidang kesenian dan kebudayaan seperti Hafizh dan Qiroatul Quran, tapi tetap kompeten sebagai tenaga pendidik maupun professional di bidangnya masing-masing,” jelas Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNY, Isroah, M.Si., beberapa waktu lalu. (fadhli)