Pemerintah Daerah Bisa Kirim Calon Mahasiswa Melalui Kerja Sama

Foto Bersama

Melanjutkan studi adalah kesempatan yang berharga. Dengan pendidikan yang baik, kontribusi seseorang terhadap lingkungan sekitarnya akan meningkat. Selain itu, derajatnya di sisi Tuhan dan masyarakat akan bertambah. Oleh karena itu, tidak ada cara lain untuk meningkatkan kebermanfaatan seseorang terhadap lingkungan selain dengan pendidikan. Demikian sebagaimana diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Drs. Budi Sulistya, dalam acara kunjungan SMK N 1 Panyingkiran, Kelas Leuwimunding, Majalengka, ke FE UNY, Rabu (18/03). Dihadiri sebanyak 50 siswa dari bidang keahlian akuntansi dan guru pendamping, kunjungan ini dimaksudkan untuk mengenalkan FE UNY kepada siswa-siswi di SMK tersebut agar memberikan gambaran dan minat bagi mereka melanjutkan studi.

Dalam sambutannya, Nenden Resmiyati, S.Pd selaku pimpinan rombongan mengharapkan para siswa dapat termotivasi untuk melanjutkan studinya di UNY. Senada dengannya, salah satu guru pendamping, Winarno, S.H., M.Pd juga mengungkapkan harapannya agar kunjungan ini memberikan bekal informasi dan motivasi yang memunculkan minat dalam diri siswa untuk berkuliah di UNY.

Nurhadi, M.M, selaku Wakil Dekan I FE UNY menyampaikan bahwa di UNY banyak mahasiswa yang berasal dari Majalengka. “Di UNY banyak paguyuban yang didirikan mahasiwa perantau. Selain itu, beasiswa pun melimpah. Yang penting, mahasiswa selama berkuliah juga memiliki prestasi. Atau, aktiflah di kegiatan kemahasiswaan seperti himpunan mahasiswa. Dengan demikian, peluang mendapatkan beasiswa lebih besar,” ungkapnya.

Budi Sulistya menambahkan, peluang diterima di UNY juga sebenarnya cukup besar dan melalui banyak jalur. “Saat ini, banyak pemerintah daerah yang bekerja sama dengan UNY, memberikan beasiswa kepada siswa-siswa di daerahnya yang berprestasi untuk berkuliah di UNY, seperti Pemerintah Kabupaten Biak, dan Pemprov Sumatera Selatan. Majalengka juga memiliki peluang yang sama. Beasiswa Bidik Misi juga terbuka bagi mereka yang berprestasi namun dari kalangan tidak mampu,” lanjutnya.

Untuk menentukan pilihan program studi tempat berkuliah, tinggal melihat akreditasi yang ditetapkan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Untuk menentukan akreditasi itu, BAN-PT akan melihat berbagai kriteria, di antaranya kualifikasi dosen, sarana prasarana, buku ajar yang digunakan, kurikulum, dan sebagainya. FE UNY sudah termasuk yang terbaik dari FE lainnya di Yogyakarta,” terang Nurhadi menanggapi pertanyaan dari Tian Septiani, salah satu siswa SMK N 1 Panyingkiran. (fadhli)