Pelatihan Pelayanan Prima FE UNY 2016

Guna meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Ekonomi (FE) UNY, lebih dari 80 dosen dan karyawan mengikuti Pelatihan Pelayanan Prima di Hotel Serena, Bandung, Sabtu (13/8) lalu. Selain diberikan materi pelatihan pelayanan prima, dosen dan karyawan berkesempatan mengunjungi beberapa tempat rekreasi di Bandung dan sekitarnya. Dekan Dr. Sugiharsono mengungkapkan, kunjungan ini diharapkan mampu mengembalikan semangat berkarya para dosen dan karyawan sehingga produktivitas bisa digenjot.

“Tujuan hidup kita semua adalah tercapainya kebahagiaan di dunia dan akhirat. Caranya terserah kepada kita untuk memilih, dan menjadi pegawai, menjadi dosen atau tendik, adalah pilihan kita saat ini. Pilihan inilah yang menjadi tempat kita memperjuangkan hidup guna mencapai tujuan akhir,” ujar Sugiharsono.

“Oleh karena itu, pegawai harus memiliki keunggulan. Sebagai pelayan mahasiswa, mereka harus mau berubah menjadi lebih baik, membuang pola pikir yang kolot dan kebiasaan yang negatif. Di samping itu, karakter yang kreatif, inovatif, aktif, peduli, semangat, menyenangkan, dan ikhlas harus dimiliki para karyawan dan dosen dalam bekerja,” lanjut Sugiharsono.

Sementara itu, Wakil Dekan I bidang Akademik Prof. Sukirno, Ph.D mengajak para dosen untuk tidak lupa dengan tugas pokok mereka. “Selain mengajar, dosen yang unggul juga lantas menguji, menilai/mengevaluasi hasil belajar, membimbing, serta meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Sukirno juga mengajak segenap dosen dan karyawan untuk maju bersama-sama sebagai satu tim. “Jika di antara kita hanya fokus pada perbaikan diri sendiri, yang maju hanya diri kita sendiri. Tetapi jika kita maju secara serempak, peningkatan tidak hanya terlihat pada tim, tapi juga akan dirasakan secara individual,” tambah Guru Besar UNY termuda ini.

Dalam kesempatan ini, selain diisi dengan pemutaran video singkat seputar opini dan harapan mahasiswa dan karyawan terhadap kemajuan FE UNY, Drs. Budi Sulistya selaku Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) pertama FE UNY juga menyampaikan perpisahannya. Setelah mengisi posisi yang sama di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY, kursinya di FE UNY kini ditempati oleh Dra. Sri Ningsih yang sebelumnya merupakan Kabag TU LPPMP UNY. (fadhli)