Michel: Alur Bikin Materi Mudah Dipahami

Sebanyak 136 orang menjalani upacara Yudisium periode Juli 2017 di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Jumat (3/8) lalu. Para peserta terdiri dari 54 lulusan program S1 Kependidikan, 17 orang Non Kependidikan, dan 40 orang Program D3. Peraih predikat Dengan Pujian pada periode ini mencapai 82 orang atau 60 persen. Demikian dilaporkan Kepala Bagian Tata Usaha (TU) FE UNY, Dra. Sri Ningsih, di hadapan para peserta. Dengan yudisium ini, peserta sudah berhak menyandang gelar akademik dan mengikuti upacara wisuda periode Agustus mendatang.

Michel Ike Permatasari (Michel) dan Rustriana Dwi Riswanti (Rustri) lulus dengan IPK tertinggi di periode ini. Michel merupakan lulusan program studi (prodi) D3 Sekretari. Sedangkan Rustri dari prodi S1 Pendidikan Akuntansi. Raihan sama persis sebesar IPK 3,84 menjadi akhir manis dari masa studi mereka.

Michel dan Rustri beberapa kali menjuarai kompetisi. Sebagai contoh, Rustri pernah menjadi Juara 3 Tangkas Terampil Perkoperasian Kab. Sleman 2016 dan Juara II Cabang Accounting Olimpiade Lomba International Accounting Week di UMY pada 2016, sedangkan Michel pernah meraih peringkat 3 Speech Contest dalam Secretary Day ASMI 2018 beberapa waktu lalu.

Berayahkan buruh serabutan, Rustri menjadikan Bidikmisi pelecut diri untuk membuktikan bahwa ketidakmampuan finansial bukan penghalangnya meraih prestasi. Putri kedua pasangan Sukijo dan Zetni Nasrullah ini pun tak segan menambah kompetensinya di bidang Akuntansi dengan menjadi tim auditor Kopma, serta menjadi salah satu anggota tim pembuat soal SMK pada Lomba Cerdas Cermat Akuntansi 2015. Rustri memang ingin menjadi seorang akuntan profesional.

Benarlah motto hidup Michel; "Just do the best no matter what people say". Lulusan SMA N 2 Magetan ini juga mengasah keterampilan dan pengalaman softskill-nya saat menjadi tim Call Center SBMPTN 2016 serta menjadi Sales Promotion Girl (SPG) di sebuah perusahaan swasta beberapa bulan lalu.

Guna meraih IPK maksimal, Rustri dan Michel memiliki strategi masing-masing. “Saya membuat ringkasan-ringkasan dari tiap perkuliahan,” ujar Rustri. “Kalau saya, lebih paham jika suatu materi saya rangkum dengan membuat alur-alur yang jelas,” ungkap Michel yang ingin menjadi sekretaris profesional ini. (fadhli)

Tags: