Mahasiswa UNY Menangi LKTIM INOVASI 2015

Puspitaningsih, mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang berpartner dengan Niken Retno Purwandari (PGSD UNY) berhasil mengungguli tim-tim dari berbagai perguruan tinggi di tanah air dalam sebuah ajang lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional bertajuk Indonesian Youth Festival of Science (INOVASI) 2015 yang berlangsung 23-25 Oktober lalu di Universitas Hasanuddin, Makassar ini merupakan ajang yang dihelat oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (UKM KPI) kampus setempat. Di bawah payung tema “Optimalisasi Kearifan Lokal Berbasis Sociopreneurship Menuju Indonesia Mandiri 2020”, tim ini mengambil subtema “Pendidikan Wirausaha Berbasis Kearifan Lokal”.

Setelah melalui proses presentasi dan penjurian yang ketat, karya mereka yang berjudul “Sociopolin (Sociopreneur Monopoly Indonesia), Permainan Edukatif Sebagai Media Penanaman Jiwa Sociopreneur Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar” berhasil menjadi Juara I.  Karya tulis mereka mengalahkan tim dari Institut Pertanian Bogor dan tim tuan rumah yang masing-masing harus puas di posisi runner-up dan juara ketiga.

Babak final LKTIM INOVASI 2015 ini sendiri diikuti oleh 15 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Jambi, hingga Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar. Sebagian perguruan tinggi mampu meloloskan dua tim hingga babak final, termasuk UNY. Selain meraih juara I, UNY juga menempatkan satu timnya lagi di posisi Juara Harapan I.

“Senang rasanya bisa membawa nama baik UNY di kancah nasional. Saya tidak menyangka karya kami di bidang pendidikan mampu memikat juri. Padahal saya rasa karya dari peserta lain juga sangatlah bagus,” kesan dara asli Kulonprogo yang akrab dipanggil Pita ini.

“Semoga dengan adanya even-even seperti ini, mahasiswa dapat menyalurkan ide dan karyanya untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik,” tutup Pita. (fadhli)