Mahasiswa Manajemen FE UNY Magang di Cargill Jakarta

Salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti seluruh mahasiswa Manajemen adalah praktik industri atau juga dikenal dengan internship. Setiap mahasiswa secara mandiri boleh mangajukan tempat untuk melakukan internship minimal dua bulan. Begitu pula dengan salah seorang mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Siti Maesyaroh yang sedang mengikuti internship program di Jakarta. Jika kebanyakan mahasiswa yang lain memilih untuk melamar di perusahaan-perusahaan di sekitar wilayah Yogyakarta, lain halnya dengan Siti Maesyaroh. Ia memilih untuk melamar di Jakarta sebagai pusatnya dunia bisnis di Jakarta. Gayung pun bersambut, ia diterima di PT CARGILL INDONESIA salah satu perusahaan multinasional di Jakarta dari tanggal 1 Oktober – 31 Desember 2014.

Cargill Indonesia mulai berdiri sejak tahun 1974 sebagai perusahaan pakan ternak yang terus mengalami perkembangan luar biasa hingga akhirnya melakukan ekspansi ke beberapa produk seperti kakao, biji-bijian, dan minyak nabati, minyak kelapa sawit dan gula. Kantor perusahaan ini bertempat di Wisma 46 Kota BNI lantai 28 Jl Jend. Sudirman Kav. I Jakarta.

Tax administration atau administrasi perpajakan merupakan salah satu share service yang diberikan kepada site  Cargill di wilayah Kalimantan seperti PT Harapan Sawit Lestari dan ISK juga PT Hindoli di Palembang. Di perusahaan ini semua urusan-urusan pajak ketiga site perusahaan itu dikelola oleh tax administration.

Selain belajar bagaimana administrasi pajak perusahaan, Siti Maesyaroh juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan beberapa pimpinan perusahaan seperti Anthony Yeow, President Director PT Hindoli  dan Direktur Keuangan PT Cargill Chris Chuan. Salah satu topik diskusi yang dilakukannya adalah mengenai bagaimana memulai sebuah karir di perusahaan multinasional yang tentu akan sangat bermanfaat ke depan bagi dirinya dan mahasiswa lainnya.

“Memperoleh pengalaman internship program selama tiga bulan menjadi suatu pengalaman besar yang bisa saya dapatkan. Selain belajar mengenai tata kelola pajak perusahaan, program ini juga  benar-benar membuka mata saya karena mendapat kesempatan untuk belajar banyak hal baru, melihat lebih jelas operasional Cargill di Indonesia, dan tentunya bertemu dengan orang-orang hebat di perusahaan tersebut,” ujar Siti Maesyaroh di sela-sela aktivitas magangnya. (fadhli)