Mahasiswa FE UNY Sit In di UTM Malaysia

Sit In

Sebanyak 30 Mahasiswa Pendidikan Akuntansi kelas Internasional dan 2 Dosen pendamping serta 2 Karyawan Fakultas Ekonomi, melaksanakan program sit-in di Universiti Tekhnologi Malaysia (UTM) pada tanggal 19-25 Februari 2014. Kegiatan ini merupakan program dari kelas internasional Pendidikan Akuntansi yang sudah dirancang kurang lebih selama 6 bulan. Keberangkatan yang semula direncanakan pada tanggal 16 Februari 2014 harus ditunda karena adanya musibah erupsi Gunung Kelud yang imbasnya sampai ke Jogja sehingga Bandara Adi Sutjipto ditutup selama 5 hari.

Kedatangan rombongan dari FE UNY ini disambut dengan hangat oleh pihak Universiti Tekhnologi Malaysia khususnya para pejabat Fakulti Pendidikan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakulti Pendidikan UTM, Prof. Dr. Mohd. Salleh bin Abu. Sebelumnya, rombongan mengikuti kegiatan dari pihak Fakulti, yaitu Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Bilik Seminar Fakulti Pendidikan. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat Fakulti Pendidikan dan beberapa dosen.

Dalam kegiatan sit-in tersebut, mahasiswa mengikuti kuliah selama 3 kali, pada hari kamis dan minggu. Mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa adalah 2 kali pertemuan yang membahas pengelolaan program ekstrakurikuler dan 1 kali pertemuan yang membahas manajemen pendidikan. Dalam mata kuliah pengelolaan program ekstrakurikuler, mahasiswa dapat langsung melakukan praktik karena ruangan kelas yang sudah difasilitasi berbagai macam alat yang dibutuhkan. Sedangkan dalam mata kuliah manajemen pendidikan, dosen memutarkan 3 buah video tentang assesment for learning dan mahasiswa dituntut untuk membuat kesimpulan dari video tersebut.

Pada hari Senin (24/02) mahasiswa melaksanakan program school visit, yaitu mengunjungi sebuah sekolah yang ada di sana. Dalam kegiatan ini, rombongan FE UNY berkunjung ke SMK Bandar Putra Kulaijaya, Malaysia. Beberapa guru dan murid menyambut dengan ramah kedatangan rombongan dari FE UNY. Di SMK Bandar Putra, rombongan diajak berkeliling sekolah bersama siswa dan beberapa guru serta masuk ke dalam kelas untuk melihat proses pembelajaran di sana.

Dalam program ini, tidak hanya kegiatan akademis saja yang dilakukan oleh rombongan FE UNY, tetapi juga kegiatan non-akademis yaitu tur ke Singapura serta Kuala Lumpur. Tur tersebut bertujuan untuk mengetahui kegiatan non-akademis di dua negara tersebut dan dapat mengambil kesimpulan bahwa tingkat kedisiplinan di dua negara tersebut sangat tinggi terutama di Singapura. Selama kegiatan berlangsung, rombongan selalu didampingi oleh pihak UTM khususnya para mahasiswa.

Kegiatan ­sit-in Mahasiswa Pendidikan Akuntansi kelas Internasional ditutup oleh Wakil Dekan 1 Fakulti Pendidikan Universiti Tekhnologi Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Muhammad Sukri bin Saud. “Jika kamu ingin berhasil, janganlah hanya melihat tangga, tetapi cobalah menaiki tangga tersebut, pesannya. (fadhli)