Mahasiswa FE UNY Raih Juara Favorit LKTKM Tingkat Nasional

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) meraih Juara Favorit dalam Lomba Karya Tulis Kreatif Mahasiswa (LKTKM) yang di selenggarakan oleh Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pada hari Kamis-Sabtu (10-12/5). Tim terdiri dari 2 orang mahasiswa FE UNY yaitu Diah Novianti dan Tutik Uluwiyah dari Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY dan 1 mahasiswa FBS UNY Hafian Fuad. Karya tulis yang berjudul “Filter Pertrad (Film Karakater bertema Permainan Tradisional) : Upaya Pelestarian Local Wisdom dalam Permainan Tradisional melalui Media Film sebagai Media Pendidikan Karakter di Indonesia”. Karya ini berhasil memperoleh jumlah pendukung terbanyak, saat dipublikasikan secara online yaitu sebanyak 11.156 likers. Sebagai juara favorit, tim berhak mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri dan juga 10 finalis lainnya pada babak final LKTK UNS. Babak final Lomba Karya Kreatif Mahasiswa Tingkat Nasional Festival Ilmiah Mahasiswa XII Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) dengan tema “Strategi Kreatif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di berbagai bidang untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Menghadapi Tantangan Global“ ini diikuti berbagai tim dari perguruan-perguruan tinggi di Indonesia dan UNY berhasil meloloskan 3 tim perwakilannya.

Latar belakang dari karya tulis ini adalah degradasi moral yang melanda Indonesia, selain itu pendidikan karakter yang berlangsung di Indonesia hanya bersifat teoritis belum menyentuh sisi aplikatif. “Filter Pertrad” merupakan salah satu solusi kreatif pendidikan karakter di Indonesia. Melalui filter pertrad pendidikan karakter dapat menyentuh tiga aspek kecerdasana anak sekaligus, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Film ini juga menjadi salah satu alternative tontonan berkualitas anak” ujar Diah.

Saat ditanya bagaimana caranya bisa mendapatkan likers terbanyak hingga mencapai 11.156, Tutik menjelaskan bahwasanya modal jaringan dan memiliki teman-teman yang loyal sangat membantu kami dalam meraih menjadi juara Favorit. Selain menggaet teman-teman kampus, kami juga memanfaatkan segala media yang sering diakses oleh masyarakat umum. Media promosi karya tulis kami, misalnya melalui jaringan sosial Facebook, grup dan pesan singkat atau SMS. Selain itu tim kami terdiri dari 3 anggota, yang berkecimpung di dalam organisasi yang berbeda, oleh karena itu bisa dibilang kami memiliki banyak jaringan baik internal maupun eksternal kampus.

Ajang ini sebagai wadah inisiator untuk menggali gagasan kreatif, solutif dan aplikatif dari mahasiswa seluruh Indonesia untuk berpartisipasi mengembangkan pemanfaatan dunia teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing bangsa Indonesia di berbagai bidang untuk menghadapi tantangan global. Lomba ini diharapkan mampu untuk mewadahi pemikiran-pemikiran mahasiswa dalam rangka memberikan karya sumbangsih terbaiknya serta dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa seluruh Indonesia untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan solutif melalui gagasan kreatif yang ditulis secara ilmiah yang diharapkan akan mampu mengembangkan kemampuan penguasaan IPTEK sebagai supporting power dan katalisator untuk meningkatkan daya saing bangsa. (Diah,Tut&Isti)