MAHASISWA FE UNY JUARA 2 LKTI INNOVATION TECHNOLOGY COMPETITION

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, berhasil merebut gelar juara II dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah INTEC 2014 yang diadakan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Sabtu – Minggu tanggal 21-22 Juni 2014 dengan mengusung tema “Peran Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045”. Mahasiswa tersebut adalah Anisah Novi Karunia, Imas Nurani Islami, dan Muhammad Irfan Luthfi. Mereka adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi dan Prodi Pendidikan Teknik Informatika. Mahasiswa yang tergabung dalam tim A.I.M Studio tersebut berhasil menyingkirkan 139 peserta lainnya dalam LKTI Nasional Innovation Technology Competition (INTEC). Lomba inovasi teknologi yang merupakan ajang dalam pengembangan kreatifitas dan keterampilan mahasiswa ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas dan politeknik seluruh Indonesia.

Dalam LKTI Nasional ini Anisah dan kawan-kawan mempresentasikan karya tulis dengan judul “Optimalisasi UVM (UMKM Virtual Market) dalam Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015”. UVM merupakan inovasi media berbentuk etalase virtual yang dapat mengenalkan produk domestik Indonesia secara global dalam rangka menciptakan perekonomian yang kuat di era AEC 2015. Adanya UVM tersebut ditujukan untuk membantu bagi sistem pemerintah dalam mengembangkan UMKM dan sektor industri lainnya dalam menyongsong ASEAN Economic Community (AEC) tahun 2015 nanti. Adanya gagasan terciptanya UVM ini dilatarbelakangi kesiapan pemerintah yang mengupayakan untuk menyelenggarakan sebuah pengenalan produk domestik UMKM melalui pameran besar-besaran secara berkala baik pra-AEC maupun pasca AEC 2015 dengan anggaran negara yang sudah disiapkan. Namun, upaya tersebut dianggap kurang efektif dan efisien dari segi waktu, SDM, dan finansial dalam merealisasikannya. 

Oleh karena itu, dengan adanya UMKM Virtual Market (UVM) ini mampu menunjang rencana dari sistem pemerintah dalam mewujudkan perekonomian yang kuat era AEC 2015. Adapun kelebihan dari UVM ini yang akan membedakan dengan sistem jual beli online lainnya, yaitu dalam UVM merupakan wadah promosi dan pemasaran bagi semua UMKM di Indonesia dalam mengenalkan produknya baik di wilayah nasional maupun mancanegara, tersediannya jasa konsultasi online sebagai upaya mengembangkan kualitas UMKM, memberikan kemudahan akses modal karena dengan begitu diharapkan investor dapat mengenal dan lebih meningkatkan kepercayaannya untuk menanamkan modalnya, serat sebagai bentuk pencitraan produk domestik UMKM Indonesia.

“Kami melakukan kolaborasi dengan mahasiswa prodi pendidikan Informatika Fakultas Teknik dalam mengembangkan UMKM Virtual Market (UVM) tersebut kurang lebih selama 1 bulan,” tutur Anisah, salah satu anggota tim A.I.M Studio. Sebelumnya, UVM ini hanya sebuah ide yang belum bisa direalisasikan karena mereka terbatas dengan ketrampilan dalam merekayasa teknologi untuk diwujudkan dalam sebuah produk. “Namun, saat ini kami mampu dalam merealisasikannya dalam ajang LKTI Nasional dengan dibimbingan oleh Dicky Pradana selaku DPO UKMF KRISTAL yang mengarahkan kami sesuai dengan pengalamannya mengikuti ajang diberbagai perlombaan karya tulis,” jelas Anisah. (caca)