Mahasiswa FE UNY Ikuti Silk Road Cultural Festival 2015

Fajar Arif Wijaya Latief, mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY berpartisipasi dalam gelaran Silk Road Cultural Festival 2015 di Gyeongju, Korea Selatan, 13 hingga 20 Oktober 2015 kemarin. Ajang ini merupakan festival kebudayaan yang diikuti lebih dari 40 negara yang dilewati Jalur Sutra. Jalur Sutra adalah sebuah jaringan jalur perdagangan dan kultural yangmenghubungkan banyak wilayah di Asia Timur, Asia Selatan, hingga Laut Mediterania. Ajang ini dimaksudkan sebagai pertukaran kebudayaan yang membuka kesempatan kerjasama multinasional lebih lanjut di antara negara-negara peserta.

Lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Madiun ini bergabung dalam tim orkestra IENA Indonesia. IENA Indonesia merupakan band orkestra arahan Wisnu Samudra yang membawakan ethnospiritual music. Turut serta dalam misi budaya adalah para penari dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kami di sana membawakan musik instrumental yang harmoninya membawa kedamaian dengan tiga lagu yang diiringi tarian. Kami perform rata-rata 2 kali sehari, dan sekali perform membawakan tiga musik dengan 1 tarian yang menggambarkan kebangsaan Indonesia,” terang Fajar.

“Selain enam kali tampil secara regular, kami juga diminta tampil sekali khusus untuk closing ceremony. Tim kami Alhamdulillah mendapat predikat Most Favorite Performance,” tambahnya.

“Festival ini juga merupakan salah satu upaya menjaga jalinan kerjasama Sister Province antara Daerah Indonesia Yogyakarta dan Provinsi Gyeongsangbuk-Do yang sudah berlangsung lebih dari satu dasawarsa ini,” ungkap Fajar yang juga pernah aktif di Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UNY ini. (fadhli)