MAHASISWA FE UNY CIPTAKAN APLIKASI PENERJEMAHAN DAN PENGUMPULAN DATABASE PENINGGALAN SEJARAH

Ketersediaan database dan sumber informasi mengenai peninggalan sejarah di Indonesia merupakan hal yang penting untuk menjaga dan mendokumentasikan asset-aset sejarah bangsa Indonesia. Ketersediaan database dan sumber informasi sejarah yang baik dapat mempermudah akademisi atau pihak-pihak terkait yang membutuhkan bahan untuk penelitian. Namun seiring berkembangnya teknologi, ketersediaan database dan sumber informasi yang detail dari peninggalan sejarah Indonesia tidak memiliki akses yang terbuka. Banyak kalangan yang merasa kesulitan dalam mencari informasi yang valid mengenai peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia. Relief sebagai contoh peninggalan sejarah belum memiliki informasi yang dapat diakses masyarakat umum. Setiap peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia memiliki arti dan ceritanya masing-masing. Selain itu, peninggalan-peninggalan sejarah tersebut tersebar di berabagi daerah di Indonesia dan memiliki karakteristiknya masing-masing.

Menanggapi permasalahan tersebut Tim Pralagi Reader yang diketuai oleh Fajar Indra Prasetyo, mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, membuat sebuah aplikasi penerjemahan dan pengumpulan database berbasis android yang diberi nama Pralagi Reader. Dalam pengerjaannya, Fajar berkolaborasi dengan anggota tim yang lain yaitu Brian Dwi Murdianto (Pendidikan Teknik Informatika), Andes Kurniawan (Pendidikan Teknik Informatika), Putut Prianggono (Pendidikan Sejarah), dan Ikap Bin Kholib (Pendidikan Ekonomi) serta dibimbing oleh dosen Pendidikan Ekonomi FE UNY, Kiromim Baroroh, M.Pd. Tim Pralagi Reader yakin dapat memberikan solusi inovatif permasalahan tersebut dengan Aplikasi Pralagi Reader.

Pralagi Reader merupakan sebuah aplikasi yang dapat menerjemahkan arti dan cerita dari setiap peninggalan sejarah yang ada di Indonesia dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Pralagi Reader juga mampu menunjukan keaslian dari sebuah peninggalan sejarah karena Pralagi Reader merekam sebuah peninggalan sejarah dari segi bentuk, lokasi, dan informasi.  Fajar menyampaikan, “adanya Pralagi Reader dapat membantu menjaga dan merekam data-data peninggalan sejarah serta membantu menerjemahkan arti dan cerita dari setiap peninggalan sejarah Indonesia. Harapan kedepan, aplikasi ini dapat dikembangkan bersama dengan pihak-pihak yang berkaitan.” Tim Pralagi Reader merupakan salah satu tim PKM-Karsa Cipta UNY yang mendapat hibah pendanaan dari Ristekdikti dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang. (fajar/fadhli)