Maesyaroh Magang Kerja di Kampung Halaman

May dan Direktur

Jum’at (23/08) lalu Siti Maesyaroh, salah seorang mahasiswi Jurusan Manajemen 2011, baru saja pulang dari Kalimantan. Kepergiannya, selain untuk mengunjungi kedua orang tuanya, juga untuk mengikuti program magang kerja perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Harapan Sawit Lestari. Magang kerja selama satu bulan mulai tanggal 15 Juli-15 Agustus 2013 itu bertempat di KBK Kecamatan Manismata, Ketapang,  Kalimantan Barat. Selama mengikuti magang kerja, May, begitu sapaannya, ditempatkan di kantor cabang Manismata Estate KM 2. Selain mengamati langsung proses kerja perawatan dan pemanenan buah sawit, dia juga mempelajari administrasi dan manajemen kantor kebun. Mulai dari laporan harian, mingguan, hingga bulanan.

PT. Harapan Sawit Lestari hanyalah salah satu dari beberapa perusahaan sawit yang ada di Kalimantan. Perusahaan ini sudah berdiri cukup lama dan hingga saat ini sangat terbuka kepada siapa saja yang ingin magang kerja di perusahaan. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari berbagai jurusan baik Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, Pertanian, Kehutanan, bahkan Teknik. Bapak Nharong Somchit, selaku chief estate manager mengaku sangat senang dan bangga dengan kedatangan mahasiswa-mahasiswi yang mau magang di kantornya. Dan siapa saja yang ingin magang cukup mengajukan surat permohonan dari fakultas masing-masing.

“Pengalaman magang kerja ini merupakan pengalaman yang sangat berharga, karena kita tidak hanya mendapat ilmu namun juga pengalaman kerja yang luar biasa,” begitu tutur mahasiswi yang juga aktif di kegiatan Forum Studi Ekonomi Islam UNY ini. Selain magang kerja di perusahaan sawit, sebenarnya May juga ditawari untuk magang di Kantor Cabang Bank Mandiri Syariah, namun karena waktu yang tidak memungkinkan maka ditunda. (May/Fadhli)