Kunjungan Siswa SMK As Saabiq Tasikmalaya ke FE UNY

Lina, Moer, Nita, Dadang

Sebanyak kurang lebih 80 siswa beserta guru pendamping dari SMK As Saabiq Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat berkunjung ke Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Senin (10/02) kemarin. Ini merupakan salah satu rangkaian kunjungan SMK tersebut ke Yogyakarta setelah sebelumnya juga mengunjungi Perusahaan Gula Madukismo di Bantul. Kunjungan ini dimaksudkan sebagai sarana mendapatkan pengalaman dan ilmu, baik di dunia industri nyata maupun di dunia perkuliahan yang sesuai dengan jurusan masing-masing. Rombongan SMK ini memang terdiri dari rumpun bidang teknik yang berkunjung ke Fakultas Teknik (FT) serta rumpun ekonomi yaitu Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Pendidikan Akuntansi yang kemudian bertandang ke FE.

Wakil Dekan I, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M., Wakil Dekan II, M. Djazari, M.Pd., serta Kadiv Humas dan Kerjasama FE Lina Nur Hidayati, M.M., menyambut siswa-siswi kelas X SMK tersebut di sela-sela kepadatan jadwal. Hujan tak menyurutkan antusiasme siswa-siswa dari SMK yang berdiri tahun 2006 ini.

Wakil dari SMK As Saabiq Nita Astuti, S.Pd menuturkan bahwa mereka sangat bangga akhirnya bisa sampai di tujuan utama dari kunjungan selama di Yogyakarta ini. “Kami mohon maaf atas keterlambatan kami. Lampu merah di Jogja ternyata sangat banyak, berdekatan, dan waktunya lama sekali, berbeda dengan kami di Tasikmalaya,” ujarnya sambil tersenyum menanggapi keterlambatan kedatangan mereka. “Kami juga membawa siswa kelas X, karena mereka masih haus-hausnya mencari ilmu dan masih bisa menggali potensi lebih dalam lagi jika diberikan motivasi,” tutur Guru pelajaran Bahasa Sunda ini.

Sementara itu, Moerdiyanto memotivasi siswa-siswi SMK tersebut agar terus memperbaiki diri dan membuat prestasi. “Di UNY, Prodi Manajemen dan Akuntansi menduduki peringkat 2 dan 3 sebagai yang terfavorit dipilih calon mahasiswa. Tahun 2013 saja ada lebih dari 7000 pendaftar di Manajemen dan hampir 6000 pendaftar di Akuntansi UNY, padahal hanya 80 orang saja yang diterima. Oleh karena itu, buatlah prestasi, jadi yang terbaik, agar kalian bisa masuk di UNY ini,” tegasnya.

“Ketika orang lain tertidur, kalian bangunlah. Ketika orang lain bangun, kalian larilah. Ketika orang lain berlari, kalian naiklah pesawat. Jadilah “The Best”. Jangan menyerah, karena ada tiga jalur masuk ke UNY ini yang bisa kalian coba, yaitu SNMPTN, SBMPTN, serta Seleksi Mandiri. Selain itu juga ada beasiswa Bidikmisi serta berbagai beasiswa lainnya yang diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi tetapi orang tua tak mampu membiayai kuliah,” bebernya. (fadhli)