HIMA Pend. Akuntansi Mengadakan Seminar Nasional Pendidikan tentang Kurikulum 2013

Kurikulum merupakan rekonstruksi dalam pendidikan yang akan menentukan wajah pendidikan suatu negara. Kurikulum melandasi pendidikan baik formal maupun non formal untuk memenuhi tantangan dunia yang bergerak cepat dan menuntut masyarakat untuk lebih intelektual. Saat ini pendidikan di Indonesia belum terdistribusi dengan baik dan merata, sehingga menyulitkan penerapan kurikulum yang terus mengalami perubahan. Mendikbud telah mensosialisasikan, akan mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah. Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan 35: kompetensi lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai standar nasional yang telah disepakati. Dalam prakteknya penerapan kurikulum masih menimbulkan banyak kontroversi dari berbagai pihak terutama para pendidik.

Berdasar latar belakang tersebut, HIMA Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY akan mengadakan seminar nasional yang menghadirkan Prof. Suyanto, M.Pd. (DIKTI), Eko Prasetyo, S.H. (Pemerhati Pendidikan), Dr. Sulistyo, Ketua Umum Besar PGRI Pusat pada Minggu (28/4) mendatang di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan ini berbentuk seminar dengan agenda pemaparan materi, diskusi, dan tanya jawab. Diharapkan seminar ini dapat memberi wawasan tentang kurikulum yang benar pada masyarakat luas, terutama civitas akademika, mampu mensosialisasikan Kurikulum 2013, dan berkontribusi dalam menggerakan kemajuan pendidikan Indonesia.

Acara yang direncanakan akan dimulai pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB ini, mengundang seluruh mahasiswa UNY maupun luar UNY, guru, dosen, serta masyarakat umum.

Bagi yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri di Sekretariat HIMA Pendidikan Akuntansi FE UNY, UPT Perpustakaan Pusat UNY, dan LIMUNY UNY, atau menghubungi Contact Person: Aulia : 08985023495 atau Susan : 085643953239. Informasi lebih lanjut bisa diunduh di blog: diksiuny.blogspot.com atau di facebook: Semnas Hima Diksi / twitter : @semnas_diksi