FE UNY Selenggarakan Pengabdian Masyarakat di Lereng Merapi

Kamis (4/7) lalu, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di lereng Merapi, tepatnya di Desa Talun, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan industri pembuatan batako bagi warga desa yang terdampak erupsi Merapi 2010 ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat pada aspek ekonomi agar menjadi warga masyarakat yang mandiri dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang datang. Termasuk di antaranya, jika terjadi bencana, warga dapat secara mandiri bangkit dan tidak bergantung kepada pemerintah. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M. serta melibatkan beberapa mahasiswa. Kegiatan ini juga memiliki maksud agar mata pencaharian warga Desa Talun lebih lestari dengan alam, karena selama ini mata pencaharian mereka adalah penambangan pasir di bantaran Kali Woro. Sehingga dengan diadakan pelatihan industri pembuatan batako diharapkan pendapatan masyarakat bisa meningkat.

Moerdiyanto yang hadir dalam pembukaan acara mewakili panitia menyatakan, “Kegiatan ini adalah wujud nyata kami dalam mengejawantahkan Tridharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat.”

Kegiatan ini disambut baik oleh warga Desa Talun. Dalam sambutannya, Jimin atas nama Kepala Desa menyatakan bahwa Desa Talun memang baru dalam taraf bangkit kembali setelah Erupsi 2010 karena saat itu memang merupakan pengalaman pertama bagi desanya mengikuti evakuasi. Apalagi untuk recovery semacam ini jelas membutuhkan bantuan dari banyak pihak.

“Fakultas Ekonomi tidak hanya konsen dalam pengembangan ilmu Ekonomi saja, tetapi juga mempunyai tanggung jawab moral untuk membantu peningkatan kemajuan masyarakat terlebih dari aspek ekonominya. Untuk mewujudkan kemauan ekonomi bangsa, harus dimulai dari kemajuan ekonomi masyarakat,” lanjut Moerdiyanto. (HFE)