FE UNY Juara I Perencanaan Bisnis Nasional

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara satu dalam ajang National Business Plan Competition 2019 di Universitas Bangka Belitung. Andy Dwiki Iranda (Pendidikan Akuntansi 2017) selaku ketua tim membuat inovasi aplikasi jasa tour guide berbasis human and virtual system untuk daerah Gunungkidul. Anggota dalam tim ini antara lain Khusnul Khotimah (Pendidikan Ekonomi 2016), dan Hadzim Fachrozi (Manajemen 2018).

 

Acara yang diselenggarakan oleh HIMA Manajemen, Universitas Bangka Belitung, diselenggarakan pada 29 April s.d 2 Mei 2019, yang diikuti oleh 10 besar finalis dari 6 perguruan tinggi antara lain Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Bangka Belitung, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Islam Negeri Walisongo, dan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Salah satu tim pemenang, Khusnul Khotimah menjelaskan bahwa judul proposal dan produk tim yaitu Tourist Information System (Travel GK) yang merupakan Inovasi jasa tour guide berbasis human and virtual technology sytem. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengenalkan lokasi wisata di Gunung Kidul kepada turis maupun wisatawan lokal, sampai dengan seperti lokasi rest area, lokasi penjual merchandise, oleh-oleh, dan lokasi penginapan. “Untuk pembuatannya kami baru sampai tahap prototype dan sedang pengembangan agar bisa diunggah ke play store," jelas Khusnul Khotimah.

Ketua tim Andy Dwiki Iranda, menambahkan kendala dalam pengembangan inovasi aplikasi jasa tour guide ini adalah lebih pada waktu cukup lama. "Butuh kesabaran dalam bekerjasama dan juga ketelitian dalam memasukan banyak data based bersama mahasiswa teknik dalam membuat aplikasi tersebut," tambah Andy Dwiki.- (Arbima)

Tags: