FE UNY Canangkan Dies Natalis Ke-4

Dengan tema “Mewujudkan Fakultas Ekonomi yang Unggul dalam Menghasilkan Insan Cerdas dan Berkarakter Pancasila”, Fakultas Ekonomi (FE) UNY mencanangkan Dies Natalis ke-4 pada Jumat (29/5) lalu. Upacara pencanangan Dies ini diwujudkan dalam acara Senam Massal yang diikuti lebih dari 600 civitas akademika di lingkungan FE UNY. Selain itu, upacara tersebut juga dimeriahkan dengan Lomba Senam antar prodi bagi mahasiswa dan dosen serta karyawan, Gelar Produk Mahasiswa, Open House Organisasi Mahasiswa FE UNY, dan Pentas Seni Mahasiswa. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan I FE UNY Nurhadi, M.M., dengan melepaskan balon dan empat ekor merpati oleh Wakil Dekan II, III, dan Kepala Bagian Tata Usaha FE UNY. Nurhadi mengatakan, dengan semakin bertambahnya usia FE, maka tentu ada tuntutan lebih dari masyarakat terhadap peran FE secara nyata. “Dengan usia keempat ini, kualitas pelayanan akademik harus lebih meningkat, dan kualitas lulusan juga harus lebih berkontribusi bagi dunia usaha dan masyarakat,” tegas Nurhadi yang mewakili Dekan.

Senada dengan itu, Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd. yang juga bertindak selaku ketua panitia Dies Natalis kali ini berujar bahwa FE harus beranjak dari sejarah untuk menyambut masa depan. “FE harus lebih keras mengejar masa depan yang diimpikan daripada memandang sejarah emas di masa lalu. Secemerlang apapun masa lalu, jauh lebih penting meniti masa depan,” ucapnya.

“Dalam Dies kali ini, ada beberapa acara yang akan diadakan oleh FE UNY. Untuk hari ini, selain lomba senam, ada gelar produk dari Student Company yang dimiliki mahasiswa FE. Selain itu, juga ada Bakti Sosial Berbasis UMKM, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, dan Upacara Dies pada 22 Juni 2015 dengan orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Dawam Rahardjo. Di samping itu, Dies kali ini juga akan dimeriahkan lomba-lomba seperti lomba Futsal, lomba voli, lomba tenis meja, dan lomba memasak antara mahasiswa, dosen, dan karyawan”, tambah Siswanto.

Pada undian doorprize yang diadakan, empat pemenang yang dinyatakan sebagai peraih hadiah utama adalah Erna, mahasiswa Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran 2012 yang mendapatkan satu buah TV LED 22”, serta Abu Ismail (Pend Akuntansi 2012), Santi (Pend. Ekonomi 2013), dan Wulan Oktavian (Pend. Administrasi Perkantoran 2013) yang masing-masing mendapatkan satu buah sepeda gunung. Pada lomba senam, peraih predikat Yel-yel Terbaik adalah dari Jurusan Manajemen, sedangkan juara I adalah Jurusan Pend. Administrasi Perkantoran.

Beberapa jam selepas lomba senam, balon berhadiah menemukan pemenangnya. Adalah Suwandi, petani berusia 60 tahun yang tinggal di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan balon tersebut. Awal mulanya Suwandi sama sekali tak percaya balon itu berhadiah. Akan tetapi, setelah dibujuk oleh Dwi, salah seorang tetangganya, akhirnya Suwandi memanjat pohon jati tempat balon itu tersangkut. “Awalnya saya tidak yakin, tapi katanya balon seperti itu biasanya berhadiah, jadi saya panjat, dan ternyata benar (ada hadiahnya),” tuturnya.

Ditemui di kampus seusai menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari rumahnya, Suwandi berencana untuk membagi uang tersebut bersama anak-anak sekitar rumah. “Ya, untuk dibagi-bagi dengan tetangga dan anak-anak yang sering main di sekitar rumah saja, Mas,” tutupnya. (fadhli)