Fakultas Ekonomi UNY, Small is Beautiful

Di tengah kesibukan kampus menyiapkan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali mendapat kunjungan dari sekolah. Kamis (21/8), SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten yang terdiri dari Bidang Keahlian Akuntansi dan Administrasi Perkantoran ini menyambangi Kampus Pink, julukan bagi FE UNY, untuk mengenal lebih jauh kegiatan di kampus. Membawa lebih dari 70 orang siswa beserta guru pendamping, rombongan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan yang diketuai Dra. Siti Harjani disambut oleh Dekan, Wakil Dekan III, Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Akuntansi, Sekretaris Jurusan (Sekjur) Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Kepala Divisi Humas FE di Ruang Auditorium FE UNY.

Dalam sambutannya, Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si mengucapkan selamat datang. “FE UNY adalah kampus terkecil dan termuda di UNY, jumlah dosen dan mahasiswanya adalah yang paling sedikit, namun dua program studinya, Manajemen dan Akuntansi, merupakan di antara prodi terfavorit di UNY, ‘small is beautiful’,” ujar Sugiharsono. “Semoga kedatangan para siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan ini bisa menambah wacana agar kelak melanjutkan studi di UNY,” lanjutnya.

Mewakili pihak sekolah, Dra. Siti Harjani mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan yang diberikan FE UNY. “Sekolah kami dari daerah pinggiran yang ekonominya lemah, tetapi sudah ada beberapa alumni kami yang bersekolah di sini. Ada juga yang diterima melalui Beasiswa Bidik Misi,” terangnya. Siti Harjani melanjutkan, dia berharap agar para siswa bisa semakin banyak yang diterima di FE UNY. “Dengan bersekolah setinggi mungkin, kesejahteraan mereka akan meningkat, dan mereka bisa kembali lagi membangun di daerahnya,” tambahnya.

Senada dengan harapan tersebut, Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd menyampaikan agar para siswa tidak perlu ragu melanjutkan studinya. “Ada banyak beasiswa di UNY. Uang Kuliah Tunggal terendah di UNY bahkan lebih murah dari SPP di sekolah kalian. Selain itu, kami menghimbau kepada bapak dan ibu guru, agar potensi non akademis siswa terus dikembangkan, karena prestasi itu bisa menjadi jalan untuk mendapatkan beasiswa,” bebernya.

Setelah disambut di Auditorium, rombongan kemudian melanjutkan kunjungan ke laboratorium. Dipimpin Kajur P. Akuntansi, Sukirno, Ph.D, rombongan SMK dari bidang keahlian Akuntansi melihat langsung laboratorium yang dimiliki, seperti Lab. Auditing dan Lab. Perpajakan. Sedangkan Sekjur Purwanto, M.M., M.Pd mendampingi rombongan bidang keahlian Administrasi Perkantoran di laboratorium-laboratorium P. Administrasi Perkantoran. (fadhli)