Dosen Harus Tularkan Virus Kewirausahaan pada Mahasiswa

Mahasiswa Unej

Sebanyak lebih dari 100 mahasiswa dan dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (Unej) kemarin (30/01) berkunjung ke Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Rombongan disambut jajaran dekanat, kabag TU, kasubag, serta beberapa dosen Pendidikan Jurusan Ekonomi. Acara kunjungan bertempat di Ruang Auditorium FE UNY. Sebagaimana disampaikan Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unej yang juga ketua rombongan, Drs. Bambang Suyadi, M.Si., tujuan dilaksanakannya kunjungan ini adalah untuk melihat dari dekat kegiatan pembelajaran di FE UNY. “Kami ingin mengajak mahasiswa kami bersilaturrahim dan berkunjung ke saudara tua kami. Kami melihat Jurusan Pendidikan Ekonomi di UNY ini ada di bawah Fakultas Ekonomi, berbeda dengan kami yang masih berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” terangnya.

“Selain itu, kami juga mengadakan kunjungan ini sebagai wujud pelaksanaan mata kuliah 1 SKS Praktik Kerja Lapangan dengan mengunjungi pabrik jamu tradisional Sido Muncul,” tambahnya.

Mewakili Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi Daru Wahyuni, S.E., M.Si., Sekretaris Jurusan Drs. Supriyanto, M.M. menyampaikan sambutan selamat datang.

“Di Jurusan Pendidikan Ekonomi UNY ini terdapat mata kuliah Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan agar lulusan Pendidikan Ekonomi, seandainya tidak menjadi guru, tetap bisa menjadi wirausahawan. Kami juga memiliki laboratorium kewirausahaan Entrepreneurship Education Center (EEC) yang digawangi Dr. Endang Mulyani, M.Si.,” paparnya.

Supriyanto juga menegaskan bahwa keteladanan dari dosen itu penting. “Dosen-dosen di Pendidikan Ekonomi juga harus kaya. Kami selalu menebarkan virus kewirausahaan pada mahasiswa. Contohnya saya, titel saya adalah MM, yaitu Makelar Mobil,” candanya disambut tawa para hadirin. (fadhli)