Aris Tekuni Bisnis via Youtube

Sebanyak 63 orang yang terdiri dari 23 orang S1 Kependidikan, 17 orang S1 Non Kependidikan, dan 23 orang Program D3 dinyatakan Lulus pada upacara Yudisium Fakultas Ekonomi (FE) UNY periode 29 Juni 2016 lalu. Predikat Cum Laude atau Dengan Pujian diraih oleh 30 orang atau 46,15 % dari keseluruhan jumlah peserta. Demikian sebagaimana dilaporkan oleh Wakil Dekan I FE UNY Prof. Sukirno, Ph.D., dalam upacara Yudisium tersebut. Selain peserta yudisium, upacara ini dihadiri oleh jajaran dekanat dan ketua jurusan/program studi, serta kepala bagian dan sub bagian di lingkungan FE UNY.

Dalam sambutannya, Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si berpesan kepada para lulusan untuk tidak berpuas diri dengan pencapaian yang sekarang. “Perjalanan justru baru dimulai dari sekarang. Anda bisa memilih untuk melanjutkan studi, bekerja, atau menciptakan lapangan kerja. Selain itu, menjelang wisuda fakultas akan memberikan satu bekal lagi bagi para lulusan berupa pelatihan pengembangan diri. Ini agar mental para alumni semakin siap dan harapannya memperpendek masa tunggu,” terangnya.

Dalam periode kali ini Aris Nugroho dari Program D3 Pemasaran menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,75. Pria alumnus SMA N 2 Purworejo ini mengaku selalu menyempatkan membaca buku setiap hari. “Biasanya sebelum tidur saya akan membaca buku, sekitar 30 menit,” ujar Aris.

Bagi putra pertama di keluarganya ini, wirausaha adalah salah satu keahlian yang perlu diasah terus. “Saya sudah pernah terjun di bisnis konveksi pada saat semester 3. Sekarang saya menjadi pencipta video-video tutorial gim di portal Youtube. Pada dasarnya, saya suka main gim. Jadi, kalau bisa dijadikan sumber penghasilan, harus dicoba. Keuntungannya Alhamdulillah lumayan,” lanjut Aris.

Aris merasakan bahwa kuliah di FE UNY merupakan pengalaman yang penuh kesan. “Luar biasa bisa bertemu teman-teman yang hebat dari seluruh Indonesia. Selama di Himpunan Mahasiswa (Hima) D3 dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE UNY, kami juga dilatih berorganisasi dan berkompetisi dalam berbagai lomba,” terang pengidola dosen almarhum Prof. Dr. Moerdiyanto ini.

Semasa kuliah, Aris menjadi penerima Beasiswa PPA dan Supersemar, serta pernah meraih prestasi 5 besar pada ajang KIME on Ideas Competition di Universitas Negeri Semarang (Unnes) Semarang pada 2015. “Setelah ini mungkin langsung mencari kerja sambil meneruskan proyek video di Youtube,” ungkap pemilik motto hidup ‘stand up, speak up, and take action to be a leader’ ini menutup wawancara. (fadhli)