Aksi Galang Dana BEM FE untuk Korban Kelud

BEM FE UNY

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM KM FE) UNY, Minggu (16/2) menggelar aksi galang dana untuk korban bencana Gunung Kelud. Letusan yang terjadi Kamis (13/2) memuntahkan material vulkanik berat yang meluluhlantakkan beberapa Kabupaten di sekitar Gunung Kelud serta menyebabkan sebagian besar Pulau Jawa terselimuti abu vulkanik. Selain itu, puluhan ribu penduduk terpaksa mengungsi dengan meninggalkan sumber mata pencaharian mereka yang sebagian besar di bidang pertanian dan peternakan. Oleh karena itu, berbagai elemen masyarakat berinisiatif mengumpulkan bantuan untuk membantu korban, tak terkecuali kalangan mahasiswa. Dalam aksi galang dana ini, tak hanya dari BEM KM FE UNY saja yang ikut berpartisipasi, melainkan juga semua BEM dan berbagai Ormawa dari setiap fakultas yang ada di UNY. Agenda tersebut dikoordinatori oleh departemen Sosial Masyarakat (SosMas) BEM KM UNY dan dipandu langsung oleh Cholid Faizal, Kepala Departemen SosMas BEM KM UNY sekaligus koordinator lapangan agenda tersebut.

Agenda yang bertajuk “#Sahabat UNY Peduli” tersebut dimulai pukul 14.30 WIB. Semua perwakilan dari setiap Ormawa dari masing- masing fakultas berkumpul di depan Student Centre UNY dengan segala amunisi yang telah dipersiapkan sebelumnya seperti kardus, rountek, buletin, dll. Tak kurang dari 60 mahasiswa dari semua perwakilan Ormawa tiap fakultas ikut dalam agenda tersebut, termasuk perwakilan dari BEM KM FE. Setelah semua peserta berkumpul dan mengikuti briefing, peserta dipersilahkan untuk melaksanakan sholat Ashar terlebih dahulu sebelum diberangkatkan menuju beberapa titik tempat untuk penggalangan dana.

Selesai melaksanakan sholat Ashar, peserta berkumpul kembali di halaman Student Centre pada pukul 15.45 WIB. Para koordinator setiap titik yang merupakan Ketua BEM dari masing- masing fakultas memberi sedikit pengarahan untuk persiapan akhir dan berdoa bersama agar pelaksanaan agenda galang dana ini berjalan lancar dan mendapat Ridho-Nya.

Ada sekitar delapan kelompok yang disebar ke delapan titik yang sudah ditentukan. Perwakilan dari BEM KM FE UNY yang dikoordinatori Arizqi Nurhamsyah ditempatkan di perempatan ring road Condongcatur. Setelah sampai di lokasi, para relawan segera beraksi membawa kardus bertuliskan “Galang Dana Gunung Kelud, #Sahabat UNY Peduli”. Berbekal semangat dan keikhlasan, tanpa merasa lelah dan takut kotor karena debu yang masih tebal, mereka menghampiri setiap kendaraan yang berhenti saat lampu merah. Mulai dari sepeda motor, mobil, bus, dan truk dihampiri untuk meminta donasi musibah Kelud.

Waktu pun sudah mulai senja. Walau aksi galang dana hanya dilakukan sekitar satu jam, akan tetapi hasil yang didapatkan lumayan banyak. “Semoga dana yang kami dapatkan ini bisa membantu meringankan musibah korban letusan Gunung Kelud. Selain terus mendoakan, hanya ini yang bisa kami lakukan,” harap Arizqi. (fadhli)