Accounting Days 2012: Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Seminar Nasional

Dalam rangka Accounting Days HIMA Akuntansi FE UNY menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional dan Seminar Nasional. LKTI berlangsung di Auditorium FE UNY, Jumat 19 Oktober 2012 dan diikuti 23 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Dari 23 tim tersebut dipilih 10 tim yang lolos ke babak selanjutnya akan mempresentasikan karya tulisnya dalam Seminar Nasional Sabtu, 20 Oktober 2012.Dalam sambutannya, Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono, M. Si menyampaikan selamat atas keberhasilan peserta LKTI Tingkat Nasional yang telah masuk 10 besar dan akan berjuang memperebutkan juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional UNY Tahun 2012. Pada hari kedua Accounting Days dilaksanakan Seminar Nasional yang mengangkat tema Going World Wide with Small Medium Enterprises (Mendunia Bersama UKM). Seminar tersebut menghadirkan empat pembicara, yaitu: Ir. Tati Ariyati (Kementrian Koperasi dan UKM), Efraim Ferdinan Giri, M.Si., Ak (akademisi), dr. Daniel Nugroho Setiabudi (Bandeng Juwana), dan Dr. Hasannudin Abdurrakhman (PT Osimo Indonesia).

Dalam presentasinya Ir. Tati Ariyati, sebagai perwakilan dari Kementrian Koperasi dan UKM menyampaikan materi terkait dengan program penyelenggaraan dan pemberdayaan UKM yang telah dilakukan oleh Kementrian Koperasi dan UKM. Sedangkan Efraim Ferdinan Giri, M.Si., Ak., menyampaikan materi terkait dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) sebagai acuan UKM dalam menyusun laporan keuangan.

Pembicara ketiga Dr. Hasannudin Abdurrakhman, sebagai perwakilan dari praktisi (PT Osimo Indonesia) menyampaikan kendala-kendala yang menghambat UKM untuk bisa mendunia.
Hasanuddin juga menggambarkan realita di lapangan terkait dengan perusahaan-perusahaan asing di Indonesia yang menguasai usahanya dari hulu ke hilir, sehingga tidak ada kesempatan bagi Indonesia dalam mengembangkan usahanya. Pembicara terakhir, dr. Daniel Nugroho Setiabudi, sebagai perwakilan dari praktisi menyampaikan pengalaman selama menjadi pengusaha.
Seminar Nasional tersebut diikuti kurang lebih 257 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dalam dan luar UNY, serta masyarakat umum. Acara seminar nasional ditutup dengan pengumuman pemenang LKTI UNY Accounting Days 2012.

Juara I diberikan kepada Dita Anggar Sari, dkk., (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Juara II diberikan kepada Abdurrahman Adi Sukma (Gunadarma), dan Juara III diberikan kepada Aisyah Nurul Fithri, dkk dari (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).