yudisium

Asih, Juara Lompat Tinggi yang Gemar Hafalan dan Hitung-hitungan

Asih, lulusan program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNY menjadi peraih IPK Tertinggi pada Yudisium di FE UNY periode Februari, Jumat (1/3) lalu. Dengan raihan 3,80, gadis bernama lengkap Siti Nuraeningsih ini memimpin 39 peserta yudisium lainnya dalam pembacaan Prasetya Alumni di hadapan para pejabat fakultas. Yudisium menjadi upacara di mana mahasiswa dinyatakan lulus secara akademik.

Novita Cetak IPK 3,92 Dalam 3,5 Tahun

Fakultas Ekonomi (FE) UNY meluluskan 38 orang pada upacara Yudisium Periode Januari, Rabu (23/1) lalu. Peserta yudisium terdiri dari 27 orang S1 Kependidikan, 4 orang S1 Non Kependidikan, dan 3 orang Program D3. Upacara Yudisium dihadiri oleh para peserta yudisium, pejabat dekanat, serta para ketua jurusan dan program studi (prodi) di lingkungan FE UNY. Sebagaimana dilaporkan Wakil Dekan II Nurhadi, MM, pada yudisium kali ini terdapat 7 orang yang meraih predikat Dengan Pujian. Peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah Dwi Novita Sari dari prodi Pendidikan Akuntansi.

Debat dengan Pelanggan Saat Magang

Sejumlah 15 orang mengikuti upacara Yudisium Fakultas Ekonomi (FE) UNY Periode 30 November 2018. Dalam yudisium periode ini, FE UNY meluluskan 10 orang S1 Kependidikan, 2 orang S1 Non Kependidikan, dan 3 orang Program D3. Selain peserta, upacara juga dihadiri segenap dekanat beserta staf tendik yang bertugas sebagai panita. Peraih IPK tertinggi pada periode kali ini adalah Lilis Suryani dari program studi (prodi) D3 Sekretari dengan IPK sebesar 3,55.

Karakter Positif Lebih Tentukan Jaminan Kesuksesan

Desy Wulandari menjadi yang terbaik dalam Yudisium Periode September di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Jumat (28/9) lalu. Lulusan program studi (prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran ini lulus dengan IPK 3,84. Meski mendapat IPK lebih dari 3,50, Desy tidak mendapatkan predikat Cum Laude/Dengan Pujian. Sebagaimana disampaikan Wakil Dekan II FE UNY, Nurhadi MM, karena peserta dinyatakan lulus lebih dari 4 tahun atau 8 semester, predikat Dengan Pujian tidak dapat diberikan.

Izah Tinggalkan Kesan Positif Saat Magang

Fitriatik menjadi salah satu peserta yudisium Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang meraih Indeks Prestasi Tertinggi (IPK) di periode Agustus 2018 lalu. Dengan raihan 3,75, gadis asal Dolon, Paseban, Bayat, Klaten ini lulus dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi, bersama-sama dengan 98 peserta yudisium FE UNY lainnya. Fitriatik mengenang, meskipun tinggal di Klaten, tetapi dirinya memilih bersekolah di SMK N 2 Gedangsari, Gunungkidul. Putri pertama dari empat bersaudara pasangan Supardi dan Yulianti ini lantas lulus dari SMK, meninggalkan jejak prestasi dengan meraih ranking 1 se-jurusan kala itu.

Tags: 

Michel: Alur Bikin Materi Mudah Dipahami

Sebanyak 136 orang menjalani upacara Yudisium periode Juli 2017 di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Jumat (3/8) lalu. Para peserta terdiri dari 54 lulusan program S1 Kependidikan, 17 orang Non Kependidikan, dan 40 orang Program D3. Peraih predikat Dengan Pujian pada periode ini mencapai 82 orang atau 60 persen. Demikian dilaporkan Kepala Bagian Tata Usaha (TU) FE UNY, Dra. Sri Ningsih, di hadapan para peserta. Dengan yudisium ini, peserta sudah berhak menyandang gelar akademik dan mengikuti upacara wisuda periode Agustus mendatang.

Tags: 

Yudisium Juni 2018: Berani Mencoba!

Sebanyak 48 orang yang terdiri dari 19 orang S1 Kependidikan, 6 orang S1 Non Kependidikan, dan 14 orang Program D3 mengikuti prosesi upacara Yudisium periode Juni di Fakultas Ekonomi (FE) UNY Jumat (29/6) lalu. Dalam yudisium kali ini sebanyak 34 orang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,50. Rata-rata masa studi jenjang S1 4,29 tahun, sedangkan jenjang D3 adalah 2,83 tahun. Demikian dilaporkan Wakil Dekan I Sukirno DS dalam laporannya.

Kampus Tempat Semai Prestasi

Kuliah kini tidak lagi identik dengan hanya sekedar duduk di kelas dan mendengarkan ceramah. Pintu pengembangan diri terbuka lebar. Berbagai organisasi dan jenis kegiatan tersedia bagi mahasiswa. Pun beasiswa dan berbagai bentuk penghargaan diberikan kepada mereka yang berprestasi. Oleh karena itu, mahasiswa seharusnya memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Ini yang tampak pada sosok Dian, Zahra, dan Tegar, tiga peserta yudisium periode Februari 2018 di Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Organisasi Bantu Manajemen Waktu

Dilihat dari keberagaman aktivitas, mahasiswa terbagi ke dalam beberapa kategori. Mahasiswa pertama adalah yang cenderung fokus pada aktivitas akademik. Mereka berangkat kuliah, sibuk mengerjakan tugas, mengerjakan skripsi, lalu lulus. Sementara tipe kedua adalah mereka yang terlalu banyak menghabiskan waktu di luar kegiatan akademik. Sibuk berorganisasi, atau sibuk nongkrong di kafe-kafe, lalu lalai dengan kewajiban utamanya sebagai pelajar. Sedangkan mahasiswa yang baik adalah yang bisa mengatur waktunya antara kuliah dan waktu luang. Di sela dia kuliah, dia berorganisasi. Organisasi tidak melupakan kuliah, dan sebaliknya, waktu senggang di sela kuliah dia manfaatkan untuk pengembangan diri di organisasi.

Tags: 

Perjuangan Kartika Raih Gelar Sarjana

Diwawancarai seusai upacara, Kartika Ratna Sari menceritakan bagaimana ia memperoleh gelar tersebut. Semasa kuliah ia ikut aktif dalam beberapa organisasi seperti organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Akuntansi dan Kopma UNY. Selain itu ia juga memiliki pekerjaan sampingan di bidang online shop yang menjual berbagai macam obat. Perempuan yang kerap disapa Kartika ini menceritakan latar belakang keluarganya, “Saya anak pertama dari dua bersaudara, karena ayah saya sudah meninggal dan ibu saya seorang single parent. Jadi saya kuliah memikirkan bagaimana saya bisa cepat lulus dan dapat membahagiakan orang tua. Yang kedua adalah suami saya karena saya sudah berumah tangga supaya bisa meminimalisir uang biar tidak terlalu banyak membengkak untuk kebutuhan kuliah.”

Pages