pengajian

Syawalan 1439 FE UNY: Islam Sempurnakan Akhlak

Islam bukan hanya agama yang memiliki seperangkat aturan. Lebih dari itu, Islam menginginkan pemeluknya memperlakukan orang lain sebaik mungkin. Dengan kata lain, Islam juga mengatur akhlak manusia agar baik terhadap sesama. Ramadan menjadi bulan di mana umat muslim juga dididik memperbaiki akhlaknya. Demikian disampaikan Ust. drh. Agung Budiyanto dalam acara Syawalan di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Kamis (28/6) lalu.

Tak Cukup Sekedar Benar

FE UNY menyelenggarakan pengajian fakultas pada Jumat (12/1) kemarin di kampus setempat. Pengajian dihadiri oleh segenap karyawan, dosen, dan perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan di fakultas. Selain materi inti yang disampaikan oleh ustaz Syatori Abdurrauf, pengajian diawali dengan pemberian santunan kepada para penerima manfaat dari kalangan duafa. Pada dasarnya, setiap manusia sudah dibekali akal. Akal ini yang menyebabkan manusia bisa membedakan mana yang benar dan salah. Tetapi hidup ini bukan sekedar mengetahui mana yang benar dan salah. Dengan bimbingan iman, akal bisa menemukan mana perbuatan yang lebih baik dan mulia, tidak sekedar “benar”. Demikian salah satu paparan ustaz Syatori Abdurrauf di hadapan para jamaah di Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Berjual Beli Dengan Allah

Hidup di dunia, kalaulah tidak mengalami kesenangan, akan mengalami kesusahan. Keduanya merupakan hal yang pasti akan dilewati manusia. Kedua hal ini pulalah yang menguji manusia; mana yang ingat kepada-Nya, dan mana yang lupa. Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan. Demikian disampaikan ustaz Saijan dalam pengajian yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi UNY, Ahad (8/10) lalu. Pengajian dihadiri oleh lebih dari 50 dosen, karyawan, dan mahasiswa FE UNY.

Pages