laboratorium

Dua Kampus Berpraktik di Laboratorium FE UNY

Sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama antara Fakultas Ekonomi (FE) UNY dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA serta Sekolah tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Surya Global, beberapa kelas dari kedua perguruan tinggi mitra tersebut mengadakan praktikum di Laboratorium Simulasi Perkantoran milik Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, Jumat hingga Sabtu (25-26/4) lalu. Program Studi D3 Bahasa Inggris STBA LIA mengadakan praktik Manajemen Perkantoran di laboratorium tersebut. Sedangkan Stikes Surya Global memberikan sesi praktik Manajemen Rumah Sakit di laboratorium yang sama.

Para mahasiswa mendapatkan modul yang lengkap dan prasarana yang memadai sehingga dapat menerapkan teori yang sebelumnya telah mereka dapatkan. Kegiatan praktik ini dipandu oleh dosen Ivan Tinarbudi Gavinov, M.T. serta didampingi beberapa dosen dan asisten di FE UNY. (fadhli)

SMK Pangudi Luhur Semarang Berpraktik di FE UNY

Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran (P. ADP) Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyambut kunjungan dari SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang, kemarin. Sebanyak 90 siswa beserta guru pendamping disambut oleh Koordinator Laboratorium Siti Umi Khayatun M., M.Pd., dan Kepala Lab. Simulasi Perkantoran Dr. Sutirman. Sementara rombongan SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang diwakili oleh Yustina Budiani, S.Pd.

Dalam sambutannya, Sutirman menyambut baik sekolah yang berkunjung ke jurusan. “Kami berterima kasih atas kepercayaan sekolah yang selama ini sering berkunjung. Ini bukti bahwa laboratorium kami sudah memadai dan menjadi rujukan bagi sekolah lain, terutama di bidang otomatisasi dan tata kelola perkantoran,” sambutnya.

Yustina menuturkan, sekolah ingin meningkatkan kompetensi para siswa agar keterampilan yang mereka dapat dari sekolah bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan kerja. “Selain itu, kami ke sini harapannya agar mereka juga tumbuh minat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka,” terang Yustina.

Dalam kesempatan itu, para siswa diberikan kesempatan mengikuti kegiatan praktik perkantoran di laboratorium simulasi perkantoran bersama dosen FE UNY, Yuliansyah, M.Pd. Di bawah bimbingan dosen serta dibantu sejumlah mahasiswa asisten lab, para siswa diajak mengetahui berbagai prosedur administratif yang acap ditemui di operasional keseharian suatu perkantoran. (fadhli)

Media Pembelajaran Modal Awal Peningkatan Mutu Sekolah

Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyerahkan media pembelajaran kepada SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Magelang, Kamis (1/11) kemarin. Media pembelajaran karya mahasiswa ini berupa dua buah maket ruang laboratorium. Penyerahan oleh Dekan FE UNY Sugiharsono dan langsung diterima oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Untung Supriyadi.

Media merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran. Dengan adanya media peraga, konsep materi akan lebih cepat tersampaikan kepada peserta didik. Sugiharsono menyambut baik media yang merupakan buah karya mahasiswa tersebut. “Semoga media ini mampu memberi manfaat bagi sekolah,” sambutnya.

Odilia Puspa Dewi salah satu mahasiswa pembuat media menyatakan bahwa maket buatan kelompoknya berupa skala 1:25 dari sebuah laboratorium komputer berukuran 18 x 16 meter. “Ada meja kursi beserta komputer, layar proyektor, papan tulis putih, sampai daftar inventaris ruang dan instalasi kabel,” terangnya.

Sedangkan Norma Dwi Awani beserta kelompoknya membuat miniatur ruang kantor di suatu perusahaan. “Kami buat ruang resepsionis, ruang tamu, ruang rapat, dan ruang-ruang yang ditempati pejabat perusahaan, sehingga bisa tampak benar-benar seperti suasana di suatu perusahaan,” ujar Norma.

Untung Supriyadi mengapresiasi penyerahan media pembelajaran ini. “Ini salah satu bakti mahasiswa pada masyarakat. Semoga kreativitas ini juga menular ke kami di sekolah. Ini bisa jadi modal awal kami dalam membangun ruang laboratorium nantinya atau juga dalam pembelajaran,” harap Untung. (fadhli)

Praktik Perkantoran SMK N 1 Cilacap di FE UNY

SMK N 1 Cilacap dan SMA N 1 Kroya berkunjung ke Fakultas Ekonomi (FE) UNY di waktu yang terpisah beberapa waktu lalu. SMK N 1 Cilacap yang membawa siswa-siswi keahlian Administrasi Perkantoran berpraktik di Laboratorium yang dimiliki FE UNY, terutama di Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Sementara SMA N 1 Kroya mengajak para siswanya untuk mengenal kampus FE UNY secara lebih dekat, Kamis (22/3) lalu. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan II Nurhadi beserta beberap dosen di lingkungan FE UNY.

Pimpinan rombongan SMA N 1 Kroya Tunggu Biyarti menuturkan kegiatan ini sangat ditunggu para siswa. “Harapannya, kunjungan UNY bisa memotivasi para siswa agar melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. Dengan mengenalkan FE UNY secara langsung, siswa bisa mendapatkan gambaran informasi dunia perkuliahan dan seputar seleksi penerimaan, sehingga bisa mempersiapkan diri lebih baik,” urainya.

Pada kesempatan lainnya, para siswa-siswi SMK N 1 Cilacap mengikuti kegiatan praktik di beberapa laboratorium. Di bawah bimbingan para dosen pengampu Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, mereka mendapatkan pelatihan singkat tentang berbagai hal menyangkut administrasi perkantoran.

Di Lab. Simulasi Perkantoran, para siswa mengalami langsung praktik yang biasa terjadi di sebuah perusahaan. menjadi direktur, sekretaris, hingga penerima tamu. Laboratorium Simulasi Perkantoran menyediakan fasilitas yang dirancang sedemikian rupa mendekati tata letak sebuah kantor yang standar. Dengan demikian, para praktikan dapat mempelajari secara rinci berbagai proses administrasi yang bisa terjadi di perusahaan. (fadhli)

Pages