akuntansi

Asesor BAN-PT Kunjungi D3 Akuntansi

Asesor dari BAN-PT mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (6/3) kemarin. Kunjungan ini merupakan kegiatan Visitasi Akreditasi Program Studi D3 Akuntansi. Kedua asesor, Prof. Djoko Suhardjanto, Ph.D. dari Universitas Sebelas  Maret Solo dan Dr. Efrizal Syofyan dari Universitas Negeri Padang ditemui segenap jajaran dekanat, Satuan Penjaminan Mutu, tim task force borang, serta dosen di prodi D3 Akuntansi.

Tax Center UNY Siapkan Relawan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY dan Tax Center Fakultas Ekonomi (FE) UNY mengadakan Workshop E-filling, SPT, dan Komunikasi Efektif bagi Relawan Pajak 2019 bertempat di Auditorium FE UNY pada Selasa-Rabu (19-20/2) lalu. Acara ini dibuka langsung oleh WD III FE UNY Dra. Isroah M.Si. Acara ini diikuti oleh 105 relawan pajak, yang dipersiapkan untuk membantu wajib pajak Orang Pribadi dalam melaporkan SPT tahunan di lingkungan UNY, Kantor Pelayanan Pajak, dan Kanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta. Narasumber pada hari pertama ini adalah Ponty Sya'banto Putra Hutama, S. E., M.Si menyampaikan materi tentang komunikasi efektif dan pengisian SPT.

FE Peduli UMKM

Ada yang unik pada pekan terakhir ujian akhir semester gasal lalu. Sejumlah pedagang tampak mengisi ruang-ruang di sekitaran gazebo Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Ada yang menjual makanan, ada pula yang menjajakan busana dan aksesoris. Di sekelilingnya tampak pula mahasiswa mengerumuni. Mereka beramai-ramai membeli apa yang dijajakan oleh para pedagang tersebut. Di sudut lain, beberapa mahasiswa juga bergerombol. Salah satu di antaranya mencatat, satu orang lagi dengan hati-hati menghitung uang dan memberikannya kepada mahasiswa lainnya.

Kuliah Umum Penelitian pada Akuntansi Syariah

Dewasa ini, keuangan syariah makin diminati. Banyak nasabah yang menggunakan jasa bank syariah, dan banyak yang berpindah metode transaksi dari konvensional ke syariah. Hal ini ditengarai disebabkan baik karena kesadaran masyarakat yang ingin kembali ke nilai-nilai islam yang mulai meningkat, atau karena tingkat keuntungan yang ditawarkan oleh jasa syariah ini lebih bersaing. Akuntansi Syariah tak terkecuali menjadi salah satu subyek ilmu baru yang terus berkembang mengikuti dinamika ilmu pengetahuan dan ekonomi. Berkaitan dengan itu, Fakultas Ekonomi (FE) UNY mengadakan kuliah umum bertemakan Research on Islamic Accounting, Rabu (5/12) lalu. Kuliah yang disampaikan dosen UMY sekaligus pengurus IAI Wilayah DIY, Rizal Yahya, ini diikuti 180 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi dan dibuka oleh Ketua Jurusan (Kajur) Rr. Indah Mustikawati.

Bekerjasama dengan IAI, FE UNY Sosialisasikan Akuntansi Wakaf

Pondok pesantren, seperti halnya lembaga lainnya, memerlukan sistem pelaporan keuangan yang kredibel. Berbagai aset dan liabilitas pondok pesantren hendaknya dirinci secara khusus agar dapat dibedakan dengan aset dan liabilitas dari entitas lainnya. Misalnya, barang-barang harus dibedakan, apakah milik pribadi pemilik yayasan, milik ustadz, atau murni aset pondok. Demikian dijelaskan Rizal Yahya di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Kamis (29/11) lalu.

Tax Lover Community Tumbuhkan Kesadaran Pajak

Kesadaran membayar pajak di Indonesia masih cukup rendah. Pemerintah selalu berusaha agar penerimaan dari pajak terus mengalami peningkatan. Berbagai kebijakan diluncurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Meskipun data menunjukkan jumlah penerimaan terus meningkat, tingkat kepatuhan pajak secara keseluruhan dinilai masih rendah. Hanya sejumlah 63% dari total wajib pajak, dari yang ditargetkan sebesar 72%. Demikian disampaikan Ponty S.P. Hutama dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY di depan para rombongan Tax Lover Community (TLC) FE Universitas Negeri Malang (UM), Senin (12/11) kemarin.

Hima AKSI UNY Ajak Melek Fintech

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA AKSI) Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyelenggarakan seminar nasional financial technology (fintech) dengan tema “Bijak Mengaplikasikan Financial Technology di Era Ekonomi Digital” yang bertempat di Auditorium Pascasarjana Lt. 7 UNY, Sabtu (20/10) kemarin. Seminar Nasional ini dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari kalangan umum, mahasiswa UNY, dan tamu undangan yang terdiri dari dosen, ketua organisasi mahasiswa (ormawa) di FE UNY, dan beberapa instansi keuangan.

Penting, Guru Berbekal Teknologi

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, sumber daya manusia dituntut menyesuaikan diri. Tak terkecuali para guru, yang diharapkan mampu melahirkan generasi yang siap menghadapi zamannya kelak. Demikian disampaikan Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi (FE) UNY Sukirno pada acara Percepatan Tugas Akhir bagi Jurusan Pendidikan Akuntansi, kemarin. Acara diikuti sebanyak lebih dari 40 mahasiswa S1 Program Studi (prodi) Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi serta beberapa dosen di lingkungan prodi.

Kualifikasi Internasional Perluas Jaringan

Dewasa ini, kualitas seorang tenaga kerja bisa dilihat salah satunya melalui gelarnya. Namun hal ini tak cukup di tengah perkembangan dunia yang semakin menyatu ini. Seorang tenaga kerja, misalnya seorang akuntan, juga mesti memiliki jaringan yang membuat dia terhubung dengan perkembangan bidang ilmunya sendiri. Jaringan itu umumnya berupa asosiasi atau ikatan. Dengan bergabung dalam ikatan profesi yang sebidang, seorang akuntan menjadi lebih profesional jika dibandingkan hanya mengandalkan gelarnya saja.

Perjuangan Kartika Raih Gelar Sarjana

Diwawancarai seusai upacara, Kartika Ratna Sari menceritakan bagaimana ia memperoleh gelar tersebut. Semasa kuliah ia ikut aktif dalam beberapa organisasi seperti organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Akuntansi dan Kopma UNY. Selain itu ia juga memiliki pekerjaan sampingan di bidang online shop yang menjual berbagai macam obat. Perempuan yang kerap disapa Kartika ini menceritakan latar belakang keluarganya, “Saya anak pertama dari dua bersaudara, karena ayah saya sudah meninggal dan ibu saya seorang single parent. Jadi saya kuliah memikirkan bagaimana saya bisa cepat lulus dan dapat membahagiakan orang tua. Yang kedua adalah suami saya karena saya sudah berumah tangga supaya bisa meminimalisir uang biar tidak terlalu banyak membengkak untuk kebutuhan kuliah.”

Pages