administrasi perkantoran

CANTING MALAM “PESONA BATIK NUSANTARA”

Mahasiswa D3 Sekretari 2016 Fakultas Ekonomi (FE) UNY Kampus Wates  menyelenggarakan kegiatan Event Organizer di Alun-Alun Wates, Kulon Progo Sabtu (17/11) lalu. Kegiatan kali ini mengusung tema Canting Malam “Pesona Batik Nusantara”. Fokus dari kegiatan ini adalah memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2018. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa program acara, yaitu Bazar UMKM Pengrajin Batik, Bazar Umum, Lomba Fashion Show Rancangan Busana Batik tingkat SMA/SMK se-DIY, Fashion Show Dimas Diajeng Kulon Progo, Tari Sosonderan dan Tari FE dari mahasiswi FE UNY dan Mini Konser dari band lokal Kulon Progo yaitu Lsista, Just One Day, Bronist Reggae, dan Pocary Sunset.

FE UNY Hibahkan Media Pembelajaran

Pendidikan Administrasi Perkantoran (P. ADP) FE UNY menyerahkan sejumlah media pembelajaran karya mahasiswa ke 6 sekolah di DIY. Enam sekolah itu adalah SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, SMK PGRI 1 Sentolo, SMK Muhammadiyah 2 Wates, SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, SMK N 1 Bantul, dan SMK 2 Muhammadiyah Bantul. Koordinator Laboratorium P. ADP FE UNY, Siti Umi Khayatun M., M.Pd., menyatakan bahwa media pembelajaran ini merupakan karya mahasiswa yang menjadi penugasan di salah satu mata kuliah. Media diserahkan secara langsung ke masing-masing sekolah didampingi para mahasiswa.

SMK Pangudi Luhur Semarang Berpraktik di FE UNY

Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran (P. ADP) Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyambut kunjungan dari SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang, kemarin. Sebanyak 90 siswa beserta guru pendamping disambut oleh Koordinator Laboratorium Siti Umi Khayatun M., M.Pd., dan Kepala Lab. Simulasi Perkantoran Dr. Sutirman. Sementara rombongan SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang diwakili oleh Yustina Budiani, S.Pd.

Media Pembelajaran Modal Awal Peningkatan Mutu Sekolah

Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY menyerahkan media pembelajaran kepada SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Magelang, Kamis (1/11) kemarin. Media pembelajaran karya mahasiswa ini berupa dua buah maket ruang laboratorium. Penyerahan oleh Dekan FE UNY Sugiharsono dan langsung diterima oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Untung Supriyadi.

Kunjungan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan ke FE UNY

Sebanyak 25 siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten berkunjung ke Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (26/9) lalu. Rombongan dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Hubungan Masyarakat (Waka Humas) Ritaningsih, SPd dan beberapa guru pendamping. Dekan FE UNY Dr Sugiharsono didampingi beberapa dosen di Jurusan Pend. Adm. Perkantoran menyambut di Ruang Sidang Dekanat FE UNY. Kunjungan ini merupakan program tahunan sekolah untuk memberikan motivasi dan informasi kepada para siswa.

FE UNY Berprestasi di Lomba Administrasi Perkantoran Internasional

Teguh Wicaksono dan Odilia Herlita Puspa Dewi mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY angkatan 2014 dan 2016 meraih prestasi di International Competition on Students Competencies in Office Management dalam rangkaian acara The 1st International Events on Office Management, Indonesia , Malaysia, Thailand yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Rabu (1/8) kemarin. Teguh mendapatkan Juara Kedua kompetisi English Public Speaking sedangkan Odilia mendapatkan Juara Harapan Pertama kompetisi Typing.  Beberapa universitas dan lembaga pendidikan mengikuti kompetisi ini di antaranya International College of Rajamangala University of Technology Krungthep Thailand, Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Universitas Negeri Padang, Universitas Indonesia, UNY, UNS, UNESA Surabaya, UM Malang, hingga Universitas Muhammadiyah Prof Hamka.

PELATIHAN E-GOVERNMENT UNTUK APARAT DESA

Revolusi industri 4.0 telah merambah disetiap lini bidang salah satunya pelayanan publik. Pada umumnya yang menjadi sorotan adalah pelayanan publik di kelurahan dengan kinerja pemerintah desa yang kurang produktif dan efisien sehingga waktu yang digunakan untuk mengatasi suatu permasalahan tergolong lambat. Padahal segala sesuatu bisa lebih dipermudah dengan menggunakan teknologi.  Melihat peluang tersebut pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berupaya meluncurkan program e-government secara masif, terstruktur, dan sistematis ini tentunya dengan membawa harapan supaya kinerja birokrasi pemerintahan semakin baik.

FE UNY BORONG GELAR DEBAT “SECRETARY DAY”

Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi (FE) UNY sukses meraih juara 2 dan 3 dalam lomba Secretary Day yang diselenggarakan di ASMI Santa Maria dalam memperingati hari Sekretaris Internasional beberapa waktu lalu. Kompetensi Secretary Day diikuti oleh SMA dan universitas dari prodi perkantoran dan sekretaris di DIY. UNY mengirim 2 tim debat yang terdiri dari 4 orang, dengan 2 orang mahasiswa dari Program Studi Administrasi Perkantoran dan 2 orang Program Studi D3 Sekretari, bidang yang dilombakan dalam kompetisi “Secretary Day” untuk universitas yaitu Debat Bahasa Inggris.

Mahasiswa UNY Peduli Masyarakat melalui PIK Remaja

Berbagai masalah sosial di saat sekarang ini makin kerap melibatkan remaja. Tawuran, klitih, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang menyuramkan masa depan remaja. Remaja perlu dibekali untuk menyiapkan masa depan, terutama dalam membina keluarga. Melibatkan remaja secara langsung dalam penanganan masalah remaja dianggap menjadi strategi yang jitu. Keberadaan dan peranan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) di institusi pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi sangat penting dalam membantu remaja mendapatkan informasi yang benar dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang TRIAD KRR, yaitu terhindar dari pernikahan dini, seks bebas, dan NAPZA. Oleh karena itu, pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan program Duta GenRe (Generasi Berencana).

Mendesak, Penguasaan Kompetensi Kearsipan Digital

Kearsipan masih dianggap remeh, bahkan dianggap sampah. Sebagian arsip bahkan dijual kiloan dan berakhir menjadi pembungkus gorengan. Di SMK, pembelajaran kearsipan masih berkutat pada pengelolaan arsip secara manual. Hal ini ditambah dengan rendahnya pemahaman guru Administrasi Perkantoran terhadap pengelolaan kearsipan secara digital. Demikian dipaparkan dosen Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY Sutirman pada Orasi Ilmiah Dies Natalis ke-7 Fakultas Ekonomi UNY, Kamis (28/6) lalu.

Pages