administrasi perkantoran

Sekolah Ibukota Mulai Lirik Kampus di Daerah

Tiga sekolah dari daerah ibukota, SMA Cenderawasih 1 Jakarta, SMA Nusantara Plus Tangerang, dan SMK PGRI 1 Depok, mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY dalam waktu yang bersamaan. Kamis (19/4) kemarin. Bagi ketiga sekolah tersebut, ini adalah kunjungan pertama mereka di UNY. Dengan membawa 210 siswa beserta guru pendamping, Kepala Sekolah SMA Nusantara Plus Tangerang Abdul Kholik berharap dapat membawa informasi berharga seputar penerimaan mahasiswa baru.

Praktik Perkantoran SMK N 1 Cilacap di FE UNY

SMK N 1 Cilacap dan SMA N 1 Kroya berkunjung ke Fakultas Ekonomi (FE) UNY di waktu yang terpisah beberapa waktu lalu. SMK N 1 Cilacap yang membawa siswa-siswi keahlian Administrasi Perkantoran berpraktik di Laboratorium yang dimiliki FE UNY, terutama di Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Sementara SMA N 1 Kroya mengajak para siswanya untuk mengenal kampus FE UNY secara lebih dekat, Kamis (22/3) lalu. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan II Nurhadi beserta beberap dosen di lingkungan FE UNY.

Urgensi Kuliah untuk Masa Depan

Sabtu (9/12) Economea Event Organizer telah melaksanakan acara Talkshow About Profession bertemakan Dare To Dream Dare To Catch It yang bertempat di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang dihadiri oleh 250 orang peserta. Acara dimulai pukul 08.10 WIB dengan Master Of Ceremony Dzaki Ardian Saputra dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia Khurotul Ayun selaku ketua panitia dan Chusnu Syarifa selaku dosen pembimbing. Talkshow ini dimoderatori oleh Yulia selaku modeator utama dan Hendri Wibowo selaku asisten moderator,” ujar Agatha, selaku koordinator acara.

SEMARAK OFFICE DAY 2017

Office Day yang diselenggarakan oleh mahasiswa Pendidikan Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY telah terlaksana dengan baik pada Sabtu, (2/17) di Auditorium FE UNY. Seperti yang disampaikan oleh Yudha Pria Wibawa selaku ketua panitia, “Saya bangga karena ternyata acara Office Day mendapat sambutan yang cukup antusias dari peserta lomba dan seminar. Meskipun, even ini hanya diselenggarakan oleh kepanitian kelas untuk memenuhi tugas kuliah praktek Manajement Event yang diampu oleh Ibu Chusnu Syarifa Diah Kusuma.”

FE UNY Ajarkan Teknologi Perkantoran Kekinian

Teknologi berkembang begitu pesat. Tak terkecuali di dunia usaha, kini semakin beragam peralatan yang digunakan dalam rangka memperlancar usaha. Oleh karena itu, tenaga kerja dituntut untuk mampu mengoperasikan setiap peralatan tersebut. Fakultas Ekonomi (FE) UNY merupakan institusi yang menghasilkan lulusan yang siap bekerja di dunia usaha melalui salah satunya Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. FE UNY memiliki berbagai laboratorium yang dilengkapi peralatan perkantoran terkini yang sering menjadi rujukan berbagai sekolah maupun perguruan tinggi.

FE UNY Juara Umum Kompetisi GIPSI 2017

Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi (FE) UNY sukses memborong medali dalam lomba GIPSI (Gebyar Ilmu Perkantoran Se-Indonesia) 2017 yang diselenggarakan di Program Vokasi Universitas Indonesia pada tanggal 24-26 Juli 2017. Kegiatan GIPSI 2017 ini menjadi ajang bergengsi yang pertama kali diselenggarakan Forum Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (FORMAPSI) se-Indonesia. Melalui FORMAPSI, mahasiswa dengan rumpun ilmu yang sama dapat saling bertukar informasi dan bersilaturahmi untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki guna menyongsong kompetisi kerja saat ini. Hari pertama kegiatan GIPSI diisi dengan seminar dengan materi “Manajemen Perkantoran Berbasis Digital” yang disampaikan oleh Mirza Manthovani (Perwakilan Bank BNI Syariah), kemudian sesi materi kedua disampaikan oleh Borries Putra (Praktisi) dengan tema  “Culture at Tech Startup: are you ready for it?”, Materi berikutnya yaitu Workshop (Manajemen Alat Kearsipan) oleh Ferry Faried (Deputi Marketing Manager P.T. Bino Mitra Sejati (Bantex), Materi sesi keempat yaitu “Workshop (Office 365, The Productivity of Cloud Office Service)”  oleh Wahyu Noviantoro (Dosen Vokasi UI).

Kunjungan SMK Pancasila 6 Jatisrono ke FE UNY

Sejumlah 80 siswa beserta guru pendamping dari SMK Pancasila 6 Jatisrono, Wonogiri mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Selasa (28/2) kemarin. Sekolah yang berdiri pada 1985 ini berkunjung ke FE UNY guna mengetahui lebih lanjut dunia perkuliahan secara umum dan seputar jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran di FE UNY secara khusus. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan I FE UNY, Prof. Sukirno, Ph.D. serta beberapa dosen di lingkungan jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY.

Kunjungan MGMP AP Jawa Tengah Ke FE UNY

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru Administrasi Perkantoran (AP), Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (P.ADP FE UNY) mendapatkan kunjungan belajar praktik simulasi perkantoran dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah di Laboratorium Simulasi Perkantoran Prodi P.ADP FE UNY baru-baru ini. Kunjungan studi ini bertujuan memberikan pelatihan terhadap guru-guru mengenai praktik aktivitas pekerjaan kantor yang dipandu langsung oleh dosen Jurusan Pendidikan Administrasi dibantu beberapa mahasiswa tingkat akhir, demikian disampaikan Ketua Laboratorium Prodi P.ADP FE UNY Siti Umi Khayatun Mardiyah, M.Pd.

SMK N 2 Purworejo Praktik Perkantoran di Laboratorium P.ADP FE UNY

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (P.ADP FE UNY) kembali mendapatkan kunjungan studi praktik perkantoran dari SMK N 2 Purworejo Jawa Tengah di Laboratorium Teknologi Perkantoran, Laboratorium Simulasi Perkantoran, dan Laboratorium Kearsipan Digital pada Kamis (2/2) sebanyak 95 siswa dan 18 guru pendamping dan staf. Kunjungan studi ini bertujuan memberikan pelatihan terhadap siswa mengenai praktik perkantoran. Pelatihan yang diberikan antara lain praktik simulasi perkantoran, praktik teknologi perkantoran, dan praktik pengelolaan arsip digital. Pada pelatihan ini siswa dipandu untuk praktik langsung satu per satu yang didampingi oleh tim dosen dan  Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, demikian pengantar dari Ketua Laboratorium Prodi P.ADP FE UNY Siti Umi Khayatun Mardiyah, M.Pd.

Pages